Maliharjo News :

*****

-
-
Home » » Gubsu Dukung Thailand Investasi Perikanan di Sumut

Gubsu Dukung Thailand Investasi Perikanan di Sumut



MEDAN – Pemerintah Thailand sangat tertarik menanamkan investasinya di Medan, Sumatera Utara. Ketertarikan itu diutarakan Duta Besar Thailand untuk Indonesia H.E.Mr.Paskorn Siriyaphan kepada Gubernur Sumatera Utara H.Gatot Pujo Nugroho, ST,M.Si dalam pertemuan Courtesy Call  di rumah dinas Gubernur Sumatera Utara  Jl. Sudirman No. 41, Medan, Senin (16/9).

Paskorn mengungkapkan selama ini pengusaha Negeri Gajah Putih itu sudah berinvestasi di Sumatera Utara. Setelah melihat sejumlah potensi baru di sejumlah ceruk bisnis di Sumut maka mereka berencana untuk menambah jumlah investasi di provinsi ini. Dalam pembicaraan dengan Gubsu, Paskorn berharap dukungan penuh untuk investor-investor mereka.

Menurut Paskorn sebuah bisnis akan berhasil bila ada kerjasama dua pihak yang baik. Mengingat hubungan bilateral antara Thailand dan Indonesia yang selama ini sudah baik, maka dengan dasar itulah mereka optimis kerjasama bisnis di Sumatera Utara juga akan semakin positif dan menguntungkan.

Dari sekian banyak potensi bisnis yang ada, menurut Paskorn para pengusaha Thailand sangat ingin berinvestasi di bidang perikanan, utamanya di bisnis  Cold Storage atau pembekuan udang dan produk kelautan lainnya di Belawan. Bidang cold storage dilirik karena, menurut mereka kualitas dan jumlah udang di Sumut sangat baik dan besar. Sebelum bertemu Gubernur, Paskorn sudah melakukan peninjauan di Pelindo dan sejumlah tempat di Belawan untuk mengobservasi potensi cold storage ini.

”Saya mewakili pemerintah Thailand berharap dukungan dan kerjasama yang baik dari Bapak Gubernur Sumatera Utara.Bila investasi berjalan sukses tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak dan terutama dapat menampung lapangan kerja besar,” harap Paskorn.

Harapan Paskorn tidak bertepuk sebelah tangan, Gubsu langsung menyambut baik rencana pemerintah dan investor Thailand. Gubsu berjanji akan memberikan dukungan yang diperlukan para investor untuk membuka usaha di Sumatera Utara.

“Saya dukung rencana investasi ini. Apalagi jika nanti memang berpotensi bagus dan menguntungkan dua pihak, kenapa tidak,” sambut Gubsu antusias.

Berdasarkan laporan dari Purnama Dewi Kepala Badan Investasi dan Promosi Sumatera Utara, jumlah investasi dari Thailand di provinsi ini sebenarya relativ kecil hanya senilai US $ 42,7 juta. Atas laporan ini, Gubsu sangat berharap Thailand bisa menambah jumlah investasi mereka. Tidak hanya di bidang cold storage, Gubsu menawarkan peluang investasi lain yang lebih besar lagi terutama di ceruk bisnis yang terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Dermaga Internasional Kuala Tanjung dan operasional Bandara Kuala Namu.

Coustesy call tersebut berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan, kedua pihak optimis pembicaraan dalam pertemuan ini bisa segara direalisasikan dalam bentuk investasi real. Dalam kesempatan itu pula , Paskorn mengajak Gubsu untuk berkunjung ke Thailand untuk berwisata sekaligus melihat peluang kerjasama semisal pertukaran budaya, pendidikann, pariwisdata dan lain-lain.

Pada kesempatan itu, Paskor atas nama pemerintah Thailand mengucapkan belasungkawa atas bencana letusan Gunung Sinabung. Dan berharap bencana cepat berakhir sehingga warga sekitar gunung tersebut bisa segera melanjutkan usaha dan kehidupan secara normal.

Sebelum berpisah, Gubsu mengucapkan terimakasih atas keprihatinan Pemerintah Thailand dan langsung Mengulosi sang Dubes sebagai rasa hormat dan kekeluargaan.

Pada pertemuan ini, rombongan Kedutaan Thailand ini juga disertai Abidin Urtijo Konsul Kehormatan Thailand untuk Sumatera Utara, sementara Gubsu didampingi Asisten I Pemprovsu Hasiholan Silaen, Kepala Baimprom Purnama Dewi, Elly Suriani dari Diskominfo dan beberapa staf lainnya.

*http://www.hariansumutpos.com
Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subcribe Me

Azaria Network
Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |

Translate

Popular Posts

Sahabat Aquamina

 

Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Aquamina - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aquamina