Maliharjo News :

*****

-
-
Home » » Ragam bahan pakan ikan dari hewani (bagian 2)

Ragam bahan pakan ikan dari hewani (bagian 2)

Kepala udang,sisa dari pengolahan ,untuk bahan baku pakan ikan

Ada berbagai macam sumber bahan pakan ikan.salah satu diantaranya adalah dari hewani.Bagaimana kandungan gizinya?

            Selain tepung ikan ,masih ada banyak macam bahan hewani yang dapat digunakan sebagai bahan pakan ikan atau udang .ini diantaranya:

Tepung rebon
            Rebon merupakan jenis udang kecil-kecil yang biasa ditangkap oleh nelayan tradisional diperairan-perairan pesisir yang banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan trasi.Rebon ini banyak dijumpai pada muara-muara sungai dan mengerumuni benda-benda yang terapung.

            Rebon yang sudah ditangkap disedu dengan air panas kemudian dijemur sampai kering.selanjutnya,rebon digiling sampai halus menjadi tepung.Kandungan gizi tepung rebon cukup tinggi yaitu ;protein (59,4%),lemak(3,6%),dan karbohidrat (3,3%).

            Agar kadar lemak lebih rendah,bahan tepung(rebon)direbus lebih dahulu.Setelah masak kemudian diperas sampai tuntas,baru ampas dijemur sampai kering dan digiling.

Tepung kepala udang
            Kepala udang merupakan hasil buangan dari proses pengolahan udang untuk ekspor.Udang-udang yang akan diekspor sebagian besar selain dipilih yang mempunyai bentuk prima,bagian kepala dipotong,tidak ikut disertakan.Hasil buangan berupa kepala ini jumlahnya bisa mencapai 30% dari berat keseluruhan.Limbah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pada pembuatan makanan ikan.

            Kepala ikan direbus sampai masak kemudian dijemur sampai kering barulah digiling.Karena tepung kepala udang tersebut banyak mengandung kitin yang dapat mengganggu pencernakan ikan,maka tepung ikan perlu diayak untuk menyingkirkan bagian yang kasar.Tepung kepala udang mengandung protein (53,74%) dan lemak(6,65%).

Ampas minyak hati ikan
            Minyak hati ikan merupakan hasil pengolahan bagian hati terutama ikan cucut,pari,tuna dan jenis lain yang bertubuh cukup besar.Sebelum diambil minyaknya,hati ikan tersebut dibuang bagian empedunya,dicuci kemudian dipotong kecil-kecil.Setelah itu dikukus sampai minyaknya menetes keluar.Hati yang telah masak itu selanjutnya diperas sampai minyaknya tuntas.

            Biasanya kandungan lemak pada ampas hati ini masih cukup tinggi sehingga sukar dikeringkan.Ampas ini  banyak digunakan untuk bahan pakan dalam keadaan basah tetapi harus digiling menggunakan penggiling daging hingga halus membentuk pellet.Pellet hati yang masih basah ini langsung dicampur pada bahan ramuan lain.kandungan gizi tepung hati ikan ini berupa protein(25,08%),lemak (56,75%) dan abu(6,60%).

Tepung darah
            Salah satu limbah dari pemotongan ternak adalah darah.Darah yang sudah membeku dimasak terlebih dahulu kemudian dikeringkan dan digiling menjadi tepung.kandungan gizi tepung darah ini cukup tinggi yaitu;protein(71,45%),karbohidrat(13,12%),abu(5,45%)dan serat(7,95%).

            Walaupun kandunga protein tepung darah cukup tinggi tetapi protein dari bahan ini sukar dicerna.Oleh sebab itu penggunaan tepung darah sebagai bahan pakan ini harus dibatasi yaitu ikan sekitar 3% sedangkan udang 15% saja.

Tepung bekicot
Daging bekicot atau siput darah dapat dijadikan tepung untuk campuran pakan ikan.Untuk membuat tepung ini dapat dilakukan melalui dua cara.Pertama dengan langsung memanfaatkan bekicot mentah yang telah dikeringkan.kedua,daging bekicot direbus kemudian dikeringkan dan digiling.
Dagingnya dijadikan tepung untuk campuran pakan ikan

            Kandungan gizi tepung bekicot; protein(54,29%),lemak(4,18%),karbohidrat(30,45%),abu(4,07%),kapur(8,3%),dan fosfor(20,3%).Sebagai campuran pakan ternak termasuk ikan,jumlah penggunaan tepung bekicot dapat mencapai 5 – 15 %.Bila digunakan bekicot mentah ,persentase penggunaan lebih rendah.

Tepung cacing tanah
            Cacing tanah dapat diternakkan secara masal.Hasil panennya dapat dikeringkan kemudian digiling menjadi tepung.Selanjutnya tepung tersebut dapat digunakan sebagai campuran dalam pembuatan pakan ikan.

            Kandungan protein tepung cacing tanah cukup tinggi mencapai 72%,dengan asam amino yang cukup lengkap.Cacing tanah cukup lunak sehingga mudah dicerna oleh ikan dan mudah diserap dinding usus.Jumlah penggunaan dalam ramuan pakan bervariasi tergantung jenis ikannya,antara 10 – 25 %.

Telur ayam dan itik
Telur ayam dan itik sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakan untuk burayak ikan dan udang.Biasanya telur tersebut digunakan dalam bentuk segar atau direbus.Telur mentah setelah diaduk lumat barulah dicampur dengan bahan lain.Sedangkan telur masak hanya diambil kuningnya saja kemudian dihaluskan dan dilarutkan dalam air sehingga terbentuk emulsi atau suspensi.

            Telur ayam mengandung protein(12,8%),lemak(11,5%),dan karbohidrat (0,7%).Untuk telur itik ,kandungan gizinya hampir sama dengan ayam.Dalam prakteknya,kedua jenis telur itu dapat digunakan sebagai bahan pakan secara bergantian.  
   
             
Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subcribe Me

Azaria Network
Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |

Translate

Popular Posts

Sahabat Aquamina

 

Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Aquamina - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aquamina