Maliharjo News :

*****

-
-
Home » , » Cara membius udang

Cara membius udang

akuarium pembiusan udang
Membius ikan dan udang menggunakan obat bius atau ’anaestesic medicine’masih sangat langka karena dianggap mahal.Selain itu,cukup sulit dalam aplikasinya dan penuh resiko.Diperlukan pengetahuan serta keterampilan tertentu,supaya tidak terjadi salah langkah atau salah perhitungan.
Setiap jenis ikan dan udang ,juga ukuran serta kelamin,memiliki kepekaan yang tidak sama terhada toxicitas obat bius.ikan-ikan labirynth yang punya alat pernapasan tambahan,cenderung lebih tahan terhadap daya anaestasi.tapi ikan-ikan kecil,juga benih,sangat peka terhadap obat bius.
Batas – batas toleransi ikan dan udang terhadap dosis obat bius sangat relatif.kecuali itu ,tingkat kesehatan ikan dan faktor lingkungan,khususnya kualitas air,sangat berpengaruh terhadap ketahanan ikan mentolelir obat bius.itulah sebabnya cara konvensional hanya menggunakan minyak cengkeh.
Bahan ini cukup efektif untuk membius beberapa jenis ikan,terutama ikan air tawar.Tapi bahan ini tidak memiliki efek yang berarti kalau digunakan untuk membius.Cara yang kemudian digunakan untuk membius udang,yang terbukti punya nilai kepraktisan dan murah,dengan menurunkan suhu secara mendadak.
Hanya saja,untuk perlakuan ini membutuhkan persyaratan khusus:udang harus benar-benar sehat.Udang yang sedang mengalami proses ganti kulit tidak bisa dibius dengan cara ini.Udang yang sedang ganti kulit (moulting) tidak tahan terhadap perubahan lingkungan yang mendadak.Mudah stres dan mati.
Udang yang akan dibius ,lebih dulu diberok pada kolam penampungan.Tidak perlu diberi makanan,tapi tetap dilakukan penggantian air yang kontinyu dan aerasi dengan blower.Pemberokan bagi udang yang sehat cukup 1 – 2 jam.Tapi yang lemah dan kotor,harus diberok lebih lama lagi.
Mula – mula siapkan aquarium atau bak berisi air laut.Kemudian dilakukan aerasi sehingga konsentrasi oksigen terlarutnya mencapai 5 mg/ liter.Langkah berikutnya,udang dimasukkan dan suhu airnya diturunkan sampai 15 derajat Celcius dengan menempelkan butiran es atau dimasukkan ruangan pendingin.
Biarkan udang enggeliat kedinginan selama 20 menit.Setelah tenang,proses pendingina dihentikan dan udang ditangkap untuk kemudian dikemas dalam wadah,lalu didistribusikan menurut sasaran.Udang yang telah dibius ini bisa dibawa atau diangkut ketempat yang agak jauh.  
Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |
Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subcribe Me

Azaria Network
Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |

Translate

Popular Posts

Sahabat Aquamina

 

Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Aquamina - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aquamina