Maliharjo News :

*****

-
-
Home » » Pengambilan Telur Ikan Dengan Pipet

Pengambilan Telur Ikan Dengan Pipet

Teknik pengambilan sampel Telur ikan
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam pemijahan ikan adalah kejelian menseleksi  induk.Parameter kejelian ini ,ketepatan melakukan pengamatan tingkat kematangan telur dan sperma.

Petani umumnya ,hanya melihat ukuran fisik dan penampilan induk yang akan dipijahkan ,tanpa mengindahkan ukuran dan warna telur.Bila iklim pemijahan menunjang,tidak masalah.Tapi kalau iklim tidak pas ,induk tidak mau kawin.

Proses perkembangan telur dalam perut ikan (ovari) selalu mengalami perubahan ,baik bentuk ,ukuran maupun warnanya.Istilahnya,Perkembangan tingkat kematangan gonad.Sementara akhir proses perkembangan,stagnasi perubahan ukuran dan bentuk telur.

Secara Organoleptik,tingkat akhir proses kematangan telur ikan dapat dilihat dengan mata telanjang.Cukup mengeluarkan telur dari ovary,baik dengan cara distriping (diurut) dan dipijat maupun disedot dengan menggunakan pipet tumpul.

Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |Cara menyedot telur ikan ,mula-mula menangkap induk dan dibalut kain strimin basah dari bahan halus.Terutama bagian punggungnya,sementara bagian perut dibiarkan terbuka .Fungsi pembalut supaya tidak licin dan ikan tidak mudah lepas.

Setelah induk tenang ,angkat dengan dua tangan.Telapak tangan kanan memegang bagian punggung sampai kepala ,sedang tangan kiri memegangi bagian punggung dekat pangkal ekor.Induk dipegang dengan erat ,tetapi jangan terlalu keras.Bagian punggung dibawah bagian perut diatas.

Contoh telur kemudian kemudian diambil dari kantong ovary melalui lubang genital.Alat untuk mengambil telur adalah pipet tumpul.Mula-mula,karet pipet ditekan sampai hampa udara lalu ujungnya dimasukkan sedalam 1 cm pada lubang genital.Begitu ujung pipet menyentuh lubang ovary,tekanan pipet dilepas pelan – pelan hingga menyedot  telur – telur disekitar lubang itu.

Setelah telur tersedot ,pipet dilepas atau dicabut.Telur yang menempel dinding  pipet dikeluarkan dengan memakai air.Telur yang baik dan matang,ukurannya relatif besar,warnanya cenderung kuning tua dan tampak jernih.Ini berarti induk siap dipijahkan atau dikawinkan. 
Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subcribe Me

Azaria Network
Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |

Translate

Popular Posts

Sahabat Aquamina

 

Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Aquamina - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aquamina