Maliharjo News :

*****

-
-
Home » , » Budidaya Ikan Gurame

Budidaya Ikan Gurame

Andari memiliki hobi beternak ikan, Maka sudah saatnya nama dan Kembali melakukan sebuah sales Yang Ulasan Sangat terkait di masa mendatang Artikel Baru nama dan Kembali hobi nihil. Dalam, Artikel Suami Akan dibahas secara tuntas Dan LENGKAP tentang Cara berternak atau BUDIDAYA ikan gurame.Peluang sales Yang regular tidak pernah mati adalah revenue ikan. Sebab terkait masih berlangsung aceh 'masyarakat membutuhkan ikan untuk di konsumsi Semakin MENINGKAT. Sedangkan consumer pasokan yan ADA regular tidak Akan pernah mencukupi. Apalagi ahir-ahir Suami sering terjadi cuaca buruk. Tentu pasokanikan ikan semakin berkurang.


Budidaya ikan gurame atau ikan guramih adalah salat Satu BUDIDAYA ikan Yang Masih menjanjikan. Sebab 'masyarakat Indonesia Ulasan Sangat menggemari ikan Yang Satu Suami. Apalagi sekarang BANYAK bermunculan warung-warung Besar Yang Menjual sajian gurame bakar Dan berbagai sajian ikan gurame TOTAL. Begitu juga di Pasar-Pasar tradisional asli Dan Pasar-Pasar modern yang BANYAK TERSEDIA ikan gurame mentah SIAP di masak. Hal INILAH Yang mneyebabkan ikan gurame Masih membuka Peluang sales Dan Peluang Bisnis Yang Bagus. Ikan gurame bakar
Daftar Harga ikan gurame Yang relatif lebih mahal Bahasa Dari ikan TOTAL cara membuat BANYAK Yang kecepatan memerlukan, expandabilas ikan gurame untuk di budidayakan. Usaha BUDIDAYA ikan gurame dapat di lakukan Sesuai Artikel Baru kondisi modal. Bahasa Dari modal Kecil Wire color Kawat warna Yang modal besarpun Bisa untuk mengembangkan sales BUDIDAYA ikan gurame inisial. Oleh KARENA itulah sales BUDIDAYA ikan gurame Suami Terbuka untuk siapa Saja.

* Bagi nama dan Kembali Yang tak memiliki Lahan Yang CUKUP nama dan Kembali Bisa membudidayakan ikan gurame Artikel Baru menggunakan kolam terpal bahasa Dari.  Ikan gurame  PADA dasarnya udara membutuhkan Yang CUKUP. Artikel Baru cara membuat kolam terpal Bahasa Dari nama dan Kembali Bisa membuatnya walaupun di Lahan Yang sempit. Asalkan nama dan Kembali sabar merawatnmya Maka ikan gurame Tetap Tumbuh Artikel Baru BAIK.

Andari Bisa cara membuat kolam ikan gurame terpal Artikel Baru secara FLEKSIBEL Sesuai Artikel Baru Lahan Yang ADA Dan di mana Saja. Misalnya di pekarangan Rumah, di sawah, Dan berbaring-berbaring. Jika kolam terpal Buatan nama dan Kembali ukurannya regular tidak terlalu Besar tentu Saja regular tidak Bisa menampung ikan gurame Dalam, JUMLAH Yang Besar. Jika dipaksakan tentu Akan BANYAK mengalami kematian. Jadi JUMLAH ikan harus di sesuaikan Artikel Baru UKURAN kolam. Untuk UKURAN kolam 1m2 Artikel Baru Kedalaman 90 cm kira-kira Bisa diisi Artikel Baru 10 ekor guramih Artikel Baru berat untuk 2,5 ons.

Jika ikan gurame sudah semaikn Besar Maka jumlahnya harus di kurangi. Jika regular tidak Maka Perlu Disposals filter udara Yang memadai, caranya adalah Artikel Baru mengalirkan udara kolam terpal Artikel Baru Pompa Ke suatu SISTEM filter, Penghasilan kena melalui saringan masuk udara book value Ke kolam.

Cara BUDIDAYA ikan gurame dikolam
1. Produksi Telur.
Untuk Bisa mengasilkan Telur gurame Yang BAIK PERTAMA Kali harus dilakukan Seleksi induk, dimana CIRI Induk yaitu:
a. Induk Jantan
* Dahi agak menonjol menyerupai cula
* Dasar sirip dada Terang keputihan
* Dagu berwarna kuning Dan agak menonjol
* Jika diletakan ditempat Datar ekornya Naik Ke Atas
* Jika ditekan perlahan kelaminnya mengeluarkan sperma
* Ulasan Sangat BAIK untuk dijadikan induk berumur 3-7 ANTARA Tahun
gurame Jantan
b. Induk betina
* Dahi rata
* Dasar sirip dada Gelap kehitaman
* Dagu kurang menonjol
* Ujung sirip ekor bundar
* Ulasan Sangat BAIK dijadikan induk ANTARA 2,5-6 Tahun
Betina Gurame
Ulasan Sangat berbeda Artikel Baru JENIS ikan berbaring dimana untuk Telur gurame sudah Bisa di jual Artikel Baru daftar harga Rp 40-50 / butirnya. Biasanya Dalam, 1 induk gurame Yang berukuran 2.5kg sd 3.5kg Bisa menghasilkan 2000 sd 5000 Telur gurame.
2. Produksi Hasil pendederan
Untuk UKURAN Hasil pendederan ikan gurame PADA terbagi kedalam beberapa JENIS UKURAN diantaranya:
a.Ukuran 2-3 cm umur 40 sd 50 aceh Bahasa Dari Telur Artikel Baru daftar harga jual Rp 300-Rp 400 / ekor
b.Ukuran 4-5 cm umur 50 sd 60 aceh Bahasa Dari UKURAN 2-3 cm Artikel Baru daftar harga jual Rp 800-Rp1000 / ekor
c.Ukuran 6-7 cm Umur 50 sd 60 aceh Bahasa Dari UKURAN 4-5 cm Artikel Baru daftar harga jual Rp 1.700-Rp 2000/ekor.
d.Ukuran 7-9 cm Umur 50 sd 60 aceh Bahasa Dari UKURAN 6-7 cm Artikel Baru daftar harga jual Rp 2500-Rp3000/ekor
Untuk fase Produksi nihil Diatas sebenarnya regular tidak ADA ketentuan KHUSUS Dalam, Masa pemanenan, Dalam, arti PADA SAAT Piutang membutuhkan UKURAN Sesuai Artikel Baru keinginan walaupun belum berusia Diatas 50 aceh Masa Pemeliharaan pembudidaya Bisa menjualnya.
3. Produksi Hasil pembesaran
Tebar Benih gurame Masa pembesaran biasanya berukuran ANTARA UKURAN 2ons sd 3ons dimana Jangka waktunya ANTARA 3 sd 4 Bulan Masa Panen. UKURAN Masa Panen pembesaran Dalam, jang ka waktu nihil biasanya berukuran Kisaran 5 ons sd 1 Kg.
Melihat Hal nihil Diatas Maka ADA baiknya kitd membagi kedalam 3 Kelompok BUDIDAYA diantaranya nama kelompok pembenihan, pendederan Dan pembesaran. PEMBAGIAN untuk Artikel nama kelompok nihil Maka BUDIDAYA gurame regular tidak Akan dirasa lama.
Jika kitd lihat, memang gurame adalah ikan JENIS Yang Masa pertumbuhannya putar relatif lamban dibanding JENIS ikan mas seperti berbaring, nila dll, Akan tetapi Bila kitd amati perbedaan Masa pertumbuhan ITU tidaklah mencolok, kalau kitd ambil Contoh BUDIDAYA ikan nila Bahasa Dari UKURAN 2-3 cm Wire color Kawat warna mencapai rata-rata 7ons sebenarnya kalau dihitung waktu Pasti regular tidak CUKUP 6-7 Bulan, Yang membedakan lamanya waktu pemanenan nihil Yang memucat menonjol adalah UKURAN Masa konsumsinya, Dalam, arti ikan nila Bisa di konsumsi Artikel Baru besaran UKURAN 2-5 ons sedangkan untuk gurame dikonsumsi Artikel Baru UKURAN besaran minimal 5 ons sd 1kg.
Deni Rusmawan - Dejee Fish - Ketua APPG Sukabumi (Asosiasi pembudidaya Dan Pengusaha Gurame)

Pendederan ikan Gurame di kolam Plastik

Ikan gurame termasuk ikan labirin, yakni dapat Hidup Dalam, udara Yang Kekurangan Oksigen, KARENA ikan gurame dapat menghisap Oksigen Bahasa Dari Udara babas. Artikel Baru kondisi nihil, Petani dapat melakukan sales pembenihan ikan gurame pendederan, meskipun regular tidak mempunyai air Yang mengalir.
Ikan gurame termasuk ikan Yang regular tidak BANYAK Gerak, area Artikel Baru Yang putar relatif sempitpun sehingga dapat ditanami ikan Dalam, JUMLAH BANYAK. Hal Suami dapat menghemat Lahan Dan memberikan Peluang kepada Petani Yang mempunyai Lahan sempit untuk mempunyai kolam pendederan gurame sebagai Sumber pendapatan Keluarga. Selain ITU, ikan gurame bernilai Ekonomis Tinggi dibandingkan Artikel Baru JENIS ikan TOTAL Benih maupun konsumsi.

Kolam plastik

Tasikmalaya memang sudah sejak lama dikenal sebagai sentra BUDIDAYA Perikanan air tawar termasuk ikan gurami BAIK di tingkat provinsi maupun nasional ini, juga Wire color Kawat warna Ke Luar Negeri. Dan BANYAK Petani ikan asal Luar Negeri Yang berguru Perikanan air tawar Ke Tasikmalaya. Meskipun demikian, regular tidak * Semua wilâyah di Kab. Tasikmalaya dapat melakukan kegiatan BUDIDAYA ikan air tawar, KARENA ketersediaan air Yang kurang. KARENA ketersediaan air Yang minim, Maka pendederan ikan gurame PADA kolam plastik menjadi salat Satu jawaban Yang tepat * Bagi sub sektor perikanan Perikanan. Untuk Artikel kolam plastik, Lahan sempit Dan udara Yang kurang, Bukan suatu masalah Lagi. KARENA kolam plastik inisial "adalah sales BUDIDAYA Yang Hemat Lahan Dan udara, Serta untungnya Besar Dalam, BUDIDAYA ikan, orangutan lebih Mengenal tambak, karamba, jaring apung, kolam Tenang udara Dan kolam air deras. Selain ITU, adalagi kolam batu Dan kolam plastik.

Kolam batu ADA di daerah adalah Kec. Cikatomas Kab. Tasikmalaya, yaitu kolam Yang dibuat PADA Lahan cadas. Kolam batu dianalogkan Artikel Baru sawah, yakni kolam tadah Hujan, KARENA mengandalkan udara Hujan sebagai Sumber airnya. Kolam batu nihil berfungsi sebagai bak penampungan air untuk Sumber air di Musim Kemarau Dan sebagai kolam tetenong.
Kolam plastik sebenarnya Bukan istilah Baru dan sudah digunakan meski Terbatas di Lingkungan Lembaga. Perikanan. Namun di Kab. Tasikmalaya, kolam plastik nihil Berkembang PESAT baru Negara-baru inisial di Kec. Cineama Dan Kec. Manonjaya.
Wire color Kawat warna SAAT Suami, sudah lebih Bahasa Dari 600 buah kolam plastik Yang dibangun Petani ikan di doa wilâyah kecamatan nihil. Kolam plastik bukanlah kolam KHUSUS Yang terbuat bahasa Dari plastik tetapi Tetap terbuat bahasa Dari Tanah. Namun, KARENA Tanah di daerah adalah nihil adalah Tanah Yang porus / sarang (regular tidak dapat menahan air) Dan airnya bukanlah air Yang mengalir, Maka air di kolam nihil regular tidak CEPAT Habis, ditempatkan dan kolam Dan Pinggir kolam dilapisi plastik.
Luas kolam plastik Kecil, rata-rata 14 meter yang Persegi Artikel Baru Kedalaman ANTARA udara 10-60 cm. Kecuali untuk kolam pendederan I Dan II pendederan, luasnya CUKUP 2 meteran Persegi Artikel Baru Kedalaman air 10 cm. Begitu pula untuk UKURAN Kaset, luasnya Bisa 2-3 Kali barisan aritmetik dibandingkan Artikel Baru kolam untuk UKURAN Benih Yang lebih Kecil bahasa Dari UKURAN Kaset Dan kedalamannya Bisa Wire color Kawat warna I meteran. UKURAN Panjang atau Lebar kolam Disesuaikan Artikel Baru keadaan Lahan.

Analisa Usaha
Jalan Pintas di Kalangan Petani ikan di Kab. Tasikmalaya dikenal sebagai istilah untuk UKURAN Benih ikan, MULAI Bahasa Dari lepas baskom (lempung), biji Ketimun, biji labu, kuku, paneker, Silet, kotak Negara, korek, garfit Wire color Kawat warna Kaset. Benih ikan MULAI bahasa Dari lempung Wire color Kawat warna sebesar Kaset membutuhkan waktu sekitar 8 Bulan atau 8 periode pendederan. Sedangkan pendederan untuk masing-masing periode pendederan berkisar 17-30 ANTARA aceh.
Pendederan I menghasilkan Benih UKURAN biji mentimun lama pendederan 17-20 aceh, pendederan 11 (biji Iabu) selama 17-20 aceh, pendederan III (UKURAN kuku) selama 30 aceh, pendederan I (paneker) selama 30 aceh, pendederan A (Silet) 30 aceh, pendederan (korek) 30 aceh, pendederan VII (korek) 30 aceh Dan pendederan VIII (Kaset) selama 30-45 aceh. Namun Bahasa Dari berbagai periode pendederan, Yang dinilai memucat menguntungkan adalah pendederan I Dan 11.
Analisa sales BUDIDAYA pendederan I lepas baskom (1 -3 cm) pads kolam 2 meteran Persegi yakni, Pembuatan kolam Bayar upah saya orangutan pekerja untuk I aceh Rp. 20.000, beli plastik 2 meteran @ Rp. 7.000 (Rp. 14.000) Dan berputar Rp. 7.000. jumlahnya Rp. 41.000. Bali Benih 4.000 ekor Kali Rp. 5 yakni Rp. 20.000 Dan biaya berbaring-berbaring Rp. 50.000. Sehingga totalnya Rp. 131,500. Kemudian Hasil Produksi sebesar biji mentimun JUMLAH ikannya 3.000 ekor x Rp. 125/ekor menjadi Rp.375.000-Rp.131.000 = Rp.243.500 (keuntungannya).

Cara BUDIDAYA ikan gurame / gurami Dalam, kolam terpal

Cara BUDIDAYA ikan gurame / gurami Dalam, kolam terpal untuk ikan gurame dapat dibuat Artikel Baru doa Model JENIS:
1. Menggali Tanah Artikel Baru Kedalaman tertentu biasanya sekitar 90 cm, kemudian Terpal dipasang PADA Tanah Galian nihil.
2. Memasang terpal PADA permukaan Tanah (regular tidak menggali Tanah), Artikel Baru bantuan Rangka Bahasa Dari besi atau kayu, terpal dirangkai menyerupai bak. Cara PERTAMA Beban terpal regular tidak terlalu berat untuk sewaktu diberi udara, cara kedua memudahkan kitd melakukan penggantian Dan Pembersihan kolam. Artikel Baru selang kitd Bisa menyedot Kotoran-Kotoran terpal kolam Artikel Baru Siaran dan hiburan. PADA budi Daya ikan gurame kolam terpal Suami Kotoran ikan gurame Perlu dikeluarkan (shiftpond), agar Kesehatan Dan kebersihan Tetap udara terjaga.

Kolam terpal gurame

Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |Penghasilan kena kolam terpal selesi dibuat langkah selanjutnya adalah mengisi kolam ikan guramih Artikel Baru, Akan tetapi sebelum ikan guramih dimasukkan Perlu dipastikan terlebih Perusahaan Afiliasi kolam Dalam, kondisi bersih Net Bahasa Dari penyakit berbahaya Dan sas-sas. Terpal mengandung Unsur KIMIA untuk pewarnaannya, Maka sebelum dipasang Perlu dicuci Dan dibersihkan. Untuk membunuh patogen kolam Yang telah terisi ditaburi udara garam 2 ons/m3. Pastikan juga ikan guramih Yang Akan dibudidayakan regular tidak mengandung bibit penyakit. Jika ADA guramih Yang terkena penyakit Perlu dikarantina terlebih Perusahaan Afiliasi sebelum dimasukkan Ke Dalam, kolam.
Alt Proses selanjutnya adalah memberi Makan. Ikan guramih diberi Makan 2 Kali Dalam, sehari Artikel Baru Artikel Baru kandungan protein pellet 25% Wire color Kawat warna Artikel Baru 30%. Frekuensi pemberian Makan lebih BAIK Dalam, frekuensi Yang BANYAK tetapi Dalam, JUMLAH sedikit-sedikit daripada Dalam, frekuensi sedikit tetapi jumlahnya BANYAK. Selain Pelet MAKANAN untuk ikan guramih Bisa ditambahkan daun-Daunan Dan Sayuran. Daun-Daunan Dan Sayuran Ulasan Sangat bermanfaat * Bagi Kesehatan Dan pertumbuhan ikan guramih.

PADA budi Daya ikan guramih Artikel Baru terpal Suami Perlu dihindari pemberian MAKANAN Yang berlebihan, jika ADA MAKANAN Yang tersisa harus segera dibuang. Makanan lihat detail ikan Dan Kotoran ikan Yang ADA di kolam mengandung sas Alkalinitas Yang Dalam, JUMLAH tertentu pajaknya Racun * Bagi guramih. Selain memberi Makan Artikel Baru JUMLAH Dan frekuensi teratur Hal Yang Perlu diperhatikan berbaring adalah KUALITAS udara.

Meski guramih CUKUP Tahan Artikel Baru Yang regular tidak udara BAIK tetapi Perlu udara dibersihkan Dan diganti sebagian (30%) secara periodik. Biasanya penggantian dilakukan Satu Minggu Sekali Artikel Baru melakukan pergeseran kolam. Disedot keluar udara Artikel Baru selang atau Pompa, Kotoran keluar melalui selang nihil, kemudian diisi book value Artikel Baru baru Negara udara. Lebih Bagus Lagi jika kolam diberi aerator atau filter yang untuk menambah Kadar Oksigen Dan membersihkan Kotoran secara Otomatis.

Sumber: http://nangimam.blogspot.com/2012/02/budidaya-ikan-gurameh.html


Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subcribe Me

Azaria Network
Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |

Translate

Popular Posts

Sahabat Aquamina

 

Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Aquamina - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aquamina