Maliharjo News :

*****

-
-
Home » , » Memicu pemijahan nila

Memicu pemijahan nila

nila merah   by Ibenks0089
Nila merah
 a photo by Ibenks0089 on Flickr.
Musim hujan identik dengan musim berpijah.Air hujan yang tumpah keperairan umum,membawa implikasi pada perubahan (fluktuasi air),yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses perkembangan dan rangsangan induk ikan untuk melakukan aktivitas pemijahan.
Tapi nila merah(Oreochromis sp)memiliki sifat yang berbeda dengan perilaku berpijah kebanyakan ikan air tawar.Ada kalanya nila merah mengurangi aktivitas berpijahnya selama musim hujan,bila suhu dan kekeruhan air tempat mereka berpijah tidak sesuai dengan yang disenangi .

Perilaku berpijah nila merah memang agak unik.Bukan hanya memilih pasangannya yang cocok semata,tapi juga perlu mempersiapkan diri dengan membuat sarang berpijah berupa cekungan tanah didasar kolam.padahal, setelah keluar,telur-telur diambil dan disimpan dalam rongga mulutnya sampai menetas.
Proses pemijahan nila merah sangat dipengaruhi oleh pluktuasi suhu harian dan musiman.Proses itu akan terganggu kalau kekeruhan air meningkat,yang diikuti perubahan alkalinitas (nilai PH)air.Karenanya,pada awal musim hujan,proses pemijahan nila merah menurun,baik fluktusi ,produksi maupun kualitas.
Nila merah akan terangsang berpijah pada perairan jernih dan dangkal yang suhu atau temperaturnya berfluktuasi .Sarang biasanya dibuat pada tepian dan sudut-sudut kolam yang sedikit berlumpur dan bercampur pasir halus.Tapi nila merah,dalam keadaan tertentu,bisa dipijahkan secara paksa dalam happa terkontrol.
Untuk memicu pemijahan nila merah dimusim hujan,bisa dilakukan dengan cara-cara pengaturan kedalaman kolam dan penjernihan air kolam.
Induk jantan yang siap berpijah,biasanya cenderung agresif,akan membuat sarang dipinggiran kolam.Diameter sarang 0,4-0,5 meter dan kedalamannya 10-15 cm.
Pada malam hari ,air kolam disurutkan agar suhunya pada tengah malam menurun dratis .Pembuangan air kolam secara cepat,akan mengangkut endapan-endapan lumpur sehingga mengurangi turbulensi atau pengadukan oleh gerakan ikan yang akan dan sedang berpijah.Air jernih akan mempengaruhi libido induk jantan.
Induk nila merah yang masih muda ,relatif kurang aktif berpijah dan produksi serta kualitas telurnya relatif rendah.tapi induk yang sudah tua,meski dorongan berpijahnya tinggi,namun produksi telurnya mulai menurun.yang paling baik adalah induk yang berumur sekitar 6 bulan sampai 2 tahun.
induk yang akan dipijahkan dirawat secara intensif melalui pemberian pakan yang bergizi tinggi.Induk yang cacat atau terjangkiti penyakit ,sebaiknya tidak dipijahkan.juga induk yang mandul atau kurang produktif.Semua induk harus dipantau agar mudah melakukan sortasi.
Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subcribe Me

Azaria Network
Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |

Translate

Popular Posts

Sahabat Aquamina

 

Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Aquamina - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aquamina