Maliharjo News :

*****

-
-
Home » » Festival Parak Iwak, Menangkap Ikan Beranting

Festival Parak Iwak, Menangkap Ikan Beranting

Ribuan orang mencari ikan beranting di Sungai Serayu. Foto: Tajuk.co/YKARibuan orang mencari ikan beranting di Sungai Serayu. Foto: Tajuk.co/YKA
 BANJARNEGARA -- Ribuan warga memadati pinggir Sungai Serayu, tepatnya di bawah jembatan Singomerto, Kabupaten Banjarnegara. Warga yang datang dari pelosok Banjarnegara ini datang untuk mengikuti pesta parak iwak, Selasa (27/8). Pesta parak iwak tersebut digelar dalam rangkaian acara budaya Festival Serayu 2013.
Salah seorang warga Banjarnegara Abik Afada menjelaskan jika Festival Parak Iwak merupakan lomba menangkap ikan yang diikuti oleh ribuan warga. Bahkan panitia pun sudah menyiapkan hadiah untuk pemenang. Ikan yang ditangkap pun tidak sembarang ikan.
“Nanti kita menangkap ikan yang ada antingnya, baru dapat hadiah” kata Abik kepada tajuk.co
Lebih lanjut Abik menjelaskan, peserta yang ikut serta datang dari berbagai kalangan. Mulai dari siswa sekolah, guru, mahasiswa Unsoed, hingga warga sekitar. Bahkan Abik mengaku jika beberapa sekolah dipulangkan lebih awal untuk memeriahkan acara ini.
“Beberapa sekolah juga pulang gasik (lebih awal) biar mereka bisa ikut festival ini” ungkap Abik.
Abik juga menyampaikan jika festival Parak Iwak ini memiliki nilai tradisi tersendiri bagi warga Banyumas. Hal inilah yang menyebabkan warga berbondong-bondong datang ke Kali Serayu.

Sementara itu Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa pesta parak iwak tersebut merupakan bagian dari kearifan budaya lokal masyarakat Banjarnegara.

“Ada semangat kebersamaan yang dimunculkan dalam acara ini. Dengan pagelaran ini dapat menumbuhkan semangat kepedulian terhadap lingkungan khususnya sungai, sehingga masyarakat nantinya ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan,” tutur Sharif. (YKA)
Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subcribe Me

Azaria Network
Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |

Translate

Popular Posts

Sahabat Aquamina

 

Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Aquamina - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aquamina