Maliharjo News :

*****

-
-
Home » , » TIGABELAS VARIETAS DASAR KOI

TIGABELAS VARIETAS DASAR KOI


SEPERTI halnya binatang kesayangan lainnya,ikan Koi pun sering dijadikan ajang kontes.guna memudahkan dalam penilaian,Zen Nipon Airinkai  (ZNA) atau Asosiasi Koi Jepang ,mengelompokkan berbagai jenis Koi dalam 13 varietas dasar.ciri dasar ketigabelas kelompok itu ,adalah sebagai berikut:
kohaku
memiliki komposisi warna dua warna ,yakni putih dan merah.
Taisho Sanshoku
komposisinya tiga warna,yakni dasar putih,dengan bercak-bercak atau bintik hitam dan merah.

Showa Sanshoku
juga memiliki tiga warna .dasarnya hitam ,dengan bercak atau bintik merah dan putih.
Bekko
kelompok ini masih ada tiga jenis ,yakni shiro bekko,Aka bekko dan Ki bekko.penamaan tersebut di sesuaikan dengan artinya.Shiro bekko warna dasarnya putih dengan pola hitam .Aka bekko warna dasar nya merah,dan ki bekko warna dasarnya kuning.
Utsurimono
warna dasar jenis ini juga putih,merah atau kuning.yang membedakan dengan bekko ,pola hitamnya sama dengan Showa Sanshoku,dasar putih dengan pola hitam - putih.
Asagi-Shusui
Untuk Asagi,warna hitamnya kebiru-biruan atau biru muda.sedang pipi,perut dan sambungan siripnya merah,serta sisiknya berbayang putih.sedangkan Asagi-Shusui,adalah Asagi yang bersisik halus dengan punggung berwarna gelap.
Geromo
varietas ini merupakan hasil persilangan Asagi dengan Kohaku atau Sanshoku.Ai-goromo merupakan keturunan silang Asagi dengan Kohaku merah- putih.sisik merahnya terbatas separo lingkaran berwarna biru.Sumi-Geromo ,merupakan Koi berpola mirip Kohaku,tapi pada bercak merahnya masih terdapat warna merah.
Geromo -sanke hasil persilangan Ai-geromo dengan Taisho sanke.karenanya ,polanya seperti Taisho sanke,dengan pada warna merahnya tertumpuk bercak warna biru. Geromo - showa ,merupakan Showa Sanshoku yang memiliki bercak merah di latar belakang warna biru.
Kawarimono
kelompok ini terdiri atas Karasugoi yang berwarna gelap,Kigoi kuning,Chagoi coklat,Midori -goi hijau,danMatsuba dengan warna tubuhnya berpola bunga cemara.
Ogon
seluruh badannya warna emas.
Hikari -Moyomono
warna dasarnya metalik.
Hikari- Utsurimono
hasil persilangan Utsurimono dengan ogon,sehingga pola warnanya pun merupakan campuran pola keduanya.
Kinginrin
sejumlah sisiknya berwarna putih perak mengkilat.
Tancho
kepalanya berhias bulatan merah.kalau warna tersebut sudah melewati mata ataupun mulutnya,tak bisa dikelompokkan dalam Tancho.
Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Subcribe Me

Azaria Network
Veritra Sentosa International | Bisnis MLM Ustad Yusuf Mansyur | MLM Terbaru |

Translate

Popular Posts

Sahabat Aquamina

 

Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Aquamina - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Aquamina